fbpx Kodak Lens | Cahaya biru dari perangkat digital - Apakah ini buruk untuk Anda?

Cahaya biru dari perangkat digital - Apakah ini buruk untuk Anda?

Cahaya tampak jauh lebih kompleks dari yang Anda kira.

Melangkah keluar ke sinar matahari; flipping pada saklar dinding di dalam ruangan; menyalakan komputer, ponsel, atau perangkat digital lainnya - semua hal ini menyebabkan mata Anda terpapar berbagai sinar cahaya yang terlihat (dan kadang tidak terlihat) yang dapat memiliki berbagai efek.

Sebagian besar orang menyadari bahwa sinar matahari mengandung sinar cahaya tampak dan sinar ultraviolet yang tidak terlihat yang dapat membuat kulit menjadi cokelat atau terbakar. Tapi apa yang banyak tidak tahu adalah bahwa cahaya yang terlihat yang dipancarkan oleh matahari terdiri dari berbagai sinar cahaya berwarna berbeda yang mengandung jumlah energi yang berbeda.

Apa itu cahaya biru?

 

A screenshot of a cell phoneDescription generated with very high confidence

Diagram menunjukkan di mana pada spektrum cahaya jatuh cahaya tampak lain, cahaya biru dan sinar ultraviolet.

Sinar matahari mengandung sinar cahaya merah, oranye, kuning, hijau dan biru dan banyak nuansa dari masing-masing warna ini, tergantung pada energi dan panjang gelombang dari sinar individu (juga disebut radiasi elektromagnetik). Jika digabungkan, spektrum sinar berwarna ini menciptakan apa yang kita sebut 'cahaya putih' atau sinar matahari.

Tanpa masuk ke dalam fisika yang rumit, ada hubungan terbalik antara panjang gelombang sinar cahaya dan jumlah energi yang dikandungnya. Sinar cahaya yang memiliki panjang gelombang yang relatif panjang mengandung lebih sedikit energi, dan mereka yang memiliki panjang gelombang pendek memiliki lebih banyak energi.

Sinar pada ujung merah dari spektrum cahaya tampak memiliki panjang gelombang yang lebih panjang dan, oleh karena itu, lebih sedikit energi. Sinar pada ujung biru spektrum memiliki panjang gelombang yang lebih pendek dan lebih banyak energi.

Sinar elektromagnetik tepat di luar ujung merah dari spektrum cahaya tampak yang disebut inframerah - mereka memanas, tetapi tidak terlihat. ('Lampu pemanasan' yang Anda lihat membuat makanan hangat di restoran lokal Anda memancarkan radiasi inframerah. Tetapi lampu-lampu ini juga memancarkan cahaya merah yang terlihat, sehingga orang-orang tahu bahwa mereka menyala! Hal yang sama berlaku untuk jenis lampu panas lainnya.)

Di ujung lain spektrum cahaya tampak, sinar cahaya biru dengan panjang gelombang terpendek (dan energi tertinggi) kadang-kadang disebut cahaya biru-violet atau ungu. Oleh karena itu, sinar elektromagnetik tak terlihat tepat di luar spektrum cahaya tampak disebut ultraviolet (UV) radiasi.

Seperti radiasi ultraviolet, cahaya biru yang dapat dilihat - bagian dari spektrum cahaya yang terlihat dengan panjang gelombang terpendek dan energi tertinggi - memiliki manfaat dan bahaya. Berikut hal-hal penting yang harus Anda ketahui tentang cahaya biru:

1. Cahaya biru ada di mana-mana

Sinar matahari adalah sumber utama cahaya biru, dan berada di luar ruangan di siang hari adalah tempat sebagian besar dari kita mendapatkan sebagian besar ekspos terhadapnya. Namun ada juga banyak sumber cahaya biru buatan manusia, termasuk lampu neon dan lampu LED dan televisi layar datar.

Yang paling menonjol, layar display komputer, notebook elektronik, telepon pintar dan perangkat digital lainnya memancarkan cahaya biru dalam jumlah yang signifikan. Jumlah cahaya HEV yang dipancarkan perangkat ini hanya sebagian kecil dari yang dipancarkan oleh matahari. Tetapi jumlah waktu yang dihabiskan orang menggunakan perangkat ini dan kedekatan layar ini ke wajah pengguna memiliki banyak dokter mata dan profesional perawatan kesehatan lainnya yang prihatin tentang kemungkinan efek jangka panjang dari cahaya biru pada kesehatan mata.

 

2. HEV light rays membuat langit terlihat biru

 

Sinar cahaya berenergi pendek dan berenergi tinggi di ujung biru spektrum cahaya tampak lebih mudah menyebar dibandingkan sinar cahaya lain yang terlihat ketika mereka menyerang molekul udara dan air di atmosfer. Tingkat yang lebih tinggi dari hamburan sinar ini adalah apa yang membuat langit tak berawan tampak biru.

3. Mata tidak pandai memblokir cahaya biru

 

 

Struktur anterior mata manusia dewasa (kornea dan lensa) sangat efektif menghalangi sinar UV dari mencapai retina peka cahaya di bagian belakang bola mata. Bahkan, kurang dari satu persen radiasi UV dari matahari mencapai retina, bahkan jika Anda tidak mengenakan kacamata hitam.

(Perlu diingat, bahwa kacamata hitam yang memblokir 100 persen dari UV sangat penting untuk melindungi ini dan bagian lain dari mata dari kerusakan yang dapat menyebabkan katarak, kebutaan salju, pinguecula dan / atau pterygium, dan bahkan kanker.)

Di sisi lain, hampir semua cahaya biru yang terlihat melewati kornea dan lensa dan mencapai retina.

 

4. Paparan cahaya biru dapat meningkatkan risiko degenerasi makula

 

Fakta bahwa cahaya biru menembus semua jalan ke retina (lapisan bagian dalam punggung

dari mata) adalah penting, karena penelitian laboratorium telah menunjukkan bahwa terlalu banyak paparan cahaya biru dapat merusak sel-sel peka cahaya di retina. Hal ini menyebabkan perubahan yang menyerupai degenerasi makula, yang dapat menyebabkan kehilangan penglihatan permanen.

Meskipun penelitian lebih lanjut diperlukan untuk menentukan berapa banyak cahaya biru alami dan buatan manusia adalah "terlalu banyak cahaya biru" untuk retina, banyak penyedia perawatan mata khawatir bahwa paparan cahaya biru tambahan dari layar komputer, telepon pintar dan perangkat digital lainnya mungkin meningkat. risiko seseorang degenerasi makula di kemudian hari.

 

5. Blue light berkontribusi pada Digital Eye Strain

 

Karena panjang gelombang pendek, cahaya biru berenergi tinggi lebih mudah dibandingkan cahaya lain yang terlihat, tidak mudah dipusatkan. Ketika Anda melihat layar komputer dan perangkat digital lainnya yang memancarkan cahaya biru dalam jumlah yang signifikan, "noise" visual tidak terfokus ini mengurangi kontras dan dapat berkontribusi pada Digital Eye Strain.

Penelitian telah menunjukkan bahwa lensa yang menghalangi cahaya biru dengan panjang gelombang kurang dari 450 nm (cahaya biru-violet) meningkatkan kontras secara signifikan. Oleh karena itu, kacamata komputer dengan lensa berwarna kuning dapat meningkatkan kenyamanan saat Anda melihat perangkat digital untuk waktu yang lama.

 

6. Tidak semua cahaya biru buruk

 

Jadi, apakah semua cahaya biru buruk untuk Anda? Kenapa tidak memblokir semua cahaya biru, sepanjang waktu?

Ide buruk. Telah didokumentasikan dengan baik bahwa beberapa paparan cahaya biru sangat penting untuk kesehatan yang baik. Penelitian telah menunjukkan bahwa cahaya yang terlihat berenergi tinggi meningkatkan kewaspadaan, membantu fungsi memori dan kognitif dan meningkatkan suasana hati.

Bahkan, sesuatu yang disebut terapi cahaya digunakan untuk mengobati gangguan afektif musiman (SAD) - jenis depresi yang terkait dengan perubahan musim, dengan gejala biasanya dimulai pada musim gugur dan berlanjut hingga musim dingin. Sumber cahaya untuk terapi ini memancarkan cahaya putih terang yang mengandung sejumlah besar sinar cahaya HEV biru.

Juga, cahaya biru sangat penting dalam mengatur ritme sirkadian - bangun alami dan siklus tidur tubuh. Paparan cahaya biru selama jam siang hari membantu menjaga ritme sirkadian yang menyehatkan. Tetapi terlalu banyak cahaya biru larut malam (membaca novel di komputer tablet atau e-reader pada waktu tidur, misalnya) dapat mengganggu siklus ini, berpotensi menyebabkan malam tanpa tidur dan kelelahan siang hari.

 

Bagaimana cara meminimalkan cahaya biru agar tidak masuk ke mata kita?

 

Jika Anda menggunakan ponsel terus-menerus - terutama jika Anda menggunakannya terutama untuk mengirim pesan teks, mengirim surel, dan menjelajahi web - cara mudah untuk mengurangi eksposur cahaya biru Anda adalah dengan menggunakan filter cahaya biru.

Perangkat elektronik digital memancarkan cahaya biru yang dapat menyebabkan ketegangan mata dan dapat menyebabkan masalah mata seiring waktu.

Filter ini tersedia untuk ponsel cerdas, tablet, dan layar komputer dan mencegah sejumlah besar cahaya biru yang dipancarkan dari perangkat ini untuk menjangkau mata Anda tanpa mempengaruhi visibilitas layar. Beberapa dibuat dengan kaca tempered tipis yang juga melindungi layar perangkat Anda dari goresan.

Seperti disebutkan di atas, kacamata komputer juga dapat membantu mengurangi paparan cahaya biru dari komputer dan perangkat digital lainnya. Mereka dapat secara khusus ditentukan untuk mengoptimalkan visi Anda secara khusus untuk jarak dari mana Anda melihat perangkat Anda.

Jika Anda memiliki presbiopia dan secara rutin memakai lensa progresif atau bifokal, kacamata komputer resep dengan lensa visi tunggal memberi Anda manfaat tambahan dari bidang pandang yang jauh lebih besar untuk melihat seluruh layar komputer Anda dengan jelas. (Perlu diingat, bahwa jenis kacamata komputer ini khusus untuk melihat benda-benda dalam jarak lengan dan tidak dapat dipakai untuk mengemudi atau kebutuhan penglihatan jarak jauh.)

Lensa Kodak telah memperkenalkan lensa pelindung sinar UV dan biru yang juga menghalangi cahaya biru dari sinar matahari alami dan perangkat digital. Anda juga mungkin ingin mempertimbangkan seri lensa matahari kami, yang memberikan perlindungan tanpa batas dari sinar UV dan biru untuk di dalam dan di luar ruangan. Secara otomatis gelap sebagai respons terhadap sinar UV di luar ruangan untuk meningkatkan kenyamanan dan mengurangi silau.

Tertarik untuk mengetahui jenis lensa yang Anda butuhkan, ikuti kuis singkat kami di sini atau Anda dapat mengeklik di sini untuk memeriksa toko Optik terdekat di sekitar Anda.

Article Content: 

Visible light is much more complex than you might think.

Stepping outdoors into sunlight; flipping on a wall switch indoors; turning on your computer, phone or other digital device – all of these things result in your eyes being exposed to a variety of visible (and sometimes invisible) light rays that can have a range of effects.

Most people are aware that sunlight contains visible light rays and invisible ultraviolet rays that can tan or burn the skin. But what many don't know is that the visible light emitted by the sun comprises a range of different-colored light rays that contain different amounts of energy.

 

What is blue light?

 

A screenshot of a cell phoneDescription generated with very high confidence

Chart showing where on the light spectrum fall other visible light, blue light and ultraviolet light.

 

Sunlight contains red, orange, yellow, green and blue light rays and many shades of each of these colors, depending on the energy and wavelength of the individual rays (also called electromagnetic radiation). Combined, this spectrum of colored light rays creates what we call 'white light' or sunlight.

Without getting into complicated physics, there is an inverse relationship between the wavelength of light rays and the amount of energy they contain. Light rays that have relatively long wavelengths contain less energy, and those with short wavelengths have more energy.

Rays on the red end of the visible light spectrum have longer wavelengths and, therefore, less energy. Rays on the blue end of the spectrum have shorter wavelengths and more energy.

The electromagnetic rays just beyond the red end of the visible light spectrum are called infrared – they are warming, but invisible. (The 'warming lamps' you see keeping food warm at your local eatery emit infrared radiation. But these lamps also emit visible red light, so people know they are on! The same is true for other types of heat lamps.)

On the other end of the visible light spectrum, blue light rays with the shortest wavelengths (and highest energy) are sometimes called blue-violet or violet light. Therefore, the invisible electromagnetic rays just beyond the visible light spectrum are called ultraviolet (UV) radiation.

Like ultraviolet radiation, visible blue light – the portion of the visible light spectrum with the shortest wavelengths and highest energy – has both benefits and dangers. Here are important things you should know about blue light:

 

1. Blue light is everywhere

 

Sunlight is the main source of blue light, and being outdoors during daylight is where most of us get most of our exposure to it. But there are also many man-made, indoor sources of blue light, including fluorescent and LED lighting and flat-screen televisions.

Most notably, the display screens of computers, electronic notebooks, smartphones and other digital devices emit significant amounts of blue light. The amount of HEV light these devices emit is only a fraction of that emitted by the sun. But the amount of time people spends using these devices and the proximity of these screens to the user's face have many eye doctors and other health care professionals concerned about possible long-term effects of blue light on eye health.

 

2. HEV light rays make the sky look blue

 

The short-wavelength, high-energy light rays on the blue end of the visible light spectrum scatter more easily than other visible light rays when they strike air and water molecules in the atmosphere. The higher degree of scattering of these rays is what makes a cloudless sky look blue.

 

3. The eye is not very good at blocking blue light

 

 

Anterior structures of the adult human eye (the cornea and lens) are very effective at blocking UV rays from reaching the light-sensitive retina at the back of the eyeball. In fact, less than one percent of UV radiation from the sun reaches the retina, even if you aren't wearing sunglasses.

(Keep in mind, though, that sunglasses that block 100 percent of UV are essential to protect these and other parts of the eye from damage that could lead to cataracts, snow blindness, a pinguecula and/or pterygium, and even cancer.)

On the other hand, virtually all visible blue light passes through the cornea and lens and reaches the retina.

 

4. Blue light exposure may increase the risk of macular degeneration

 

The fact that blue light penetrates all the way to the retina (the inner lining of the back

of the eye) is important, because laboratory studies have shown that too much exposure to blue light can damage light-sensitive cells in the retina. This causes changes that resemble those of macular degeneration, which can lead to permanent vision loss.

Although more research is needed to determine how much natural and man-made blue light is "too much blue light" for the retina, many eye care providers are concerned that the added blue light exposure from computer screens, smartphones and other digital devices might increase a person's risk of macular degeneration later in life.

 

5. Blue light contributes to Digital Eye Strain

 

Because short-wavelength, high energy blue light scatters more easily than other visible light, it is not as easily focused. When you're looking at computer screens and other digital devices that emit significant amounts of blue light, this unfocused visual "noise" reduces contrast and can contribute to Digital Eye Strain.

Research has shown that lenses that block blue light with wavelengths less than 450 nm (blue-violet light) increase contrast significantly. Therefore, computer glasses with yellow-tinted lenses may increase comfort when you're viewing digital devices for extended periods of time.

 

6. Not all blue light is bad

 

So, is all blue light bad for you? Why not block all blue light, all the time?

Bad idea. It's well documented that some blue light exposure is essential for good health. Research has shown that high-energy visible light boosts alertness, helps memory and cognitive function and elevates mood.

In fact, something called light therapy is used to treat seasonal affective disorder (SAD) — a type of depression that's related to changes in seasons, with symptoms usually beginning in the fall and continuing through winter. The light sources for this therapy emit bright white light that contains a significant amount of HEV blue light rays.

Also, blue light is very important in regulating circadian rhythm — the body's natural wakefulness and sleep cycle. Exposure to blue light during daytime hours helps maintain a healthful circadian rhythm. But too much blue light late at night (reading a novel on a tablet computer or e-reader at bedtime, for example) can disrupt this cycle, potentially causing sleepless nights and daytime fatigue.

 

How to minimize blue light from entering our eyes?

 

If you are using your phone constantly — especially if you use it primarily for texting, e-mailing and web browsing — a convenient way to reduce your blue light exposure is to use a blue light filter.

 

Digital electronic devices emit blue light that can cause eye strain and may lead to eye problems over time.

These filters are available for smartphones, tablets, and computer screens and prevent significant amounts of blue light emitted from these devices from reaching your eyes without affecting the visibility of the display. Some are made with thin tempered glass that also protects your device's screen from scratches.

 

As mentioned above, computer glasses also can be helpful to reduce blue light exposure from computers and other digital devices. They can be specially prescribed to optimize your vision specifically for the distance from which you view your devices.

 

If you have presbyopia and routinely wear progressive lenses or bifocals, prescription computer glasses with single vision lenses give you the additional benefit of a much larger field of view for seeing your entire computer screen clearly. (Keep in mind, though, that this type of computer eyewear is exclusively for seeing objects within arm's length and cannot be worn for driving or other distance vision needs.)

 

Kodak Lens have introduced a UV and blue light protection lens that also block blue light from both natural sunlight and digital devices. You also may want to consider our sun lenses series, which provide seamless protection from UV and blue light for both indoors and outdoors. It automatically darkens in response to UV rays outdoors to increase comfort and reduce glare.

 

Interested to know which type of lens you need, take our short quiz here or you can click here to check the nearest Optical shops near you

Add This: 
Banner Image: